Merawat Paru-paru

Oleh: djarot mk | Kategori: Tips Umum | Diposting pada : 19 Oktober 2011

“Paru-paru adalah organ yang memasok oksigen ke dalam darah. Fungsinya harus optimal agar darah berisi penuh oksigen. Hanya bila darah penuh oksigennya, sel-se tubuh akan bugar. Untuk itu paru-paru harus sehat. Normal, paru-paru mengembang 18-20 kali setiap menitnya.(Dr Handrawan Nadesu/Sehat itu Murah)

Senam ergonomic atau senam pengembangan gerakan sholat merupakan satu teknik senam yang salah satu manfaatnya adalah menghimpun oksigen secara optimal untuk disalurkan ke tubuh terutama bagian atas. Dari sini kita bisa mengambil satu kesimpulan bahwa senam ini bukan sembarang senam seperti yang biasa kita saksikan. Dalam senam ergonomic ini pelatihan geraknya memaksimalkan  organ tubuh yang berkaitan dengan pernafasan seperti paru-paru.

Banyak orang merasa keadaan paru-paru atau dada atas baik dan sehat-sehat saja. Namun, bisa jadi hal itu belum tentu benar. Tidak sedikit orang yang memeriksakan kondisi pernafasan atau paru-paru setelah dirasa sakit atau setelah melihat contoh kurang baik dari orang-orang terdekat yang berurusan dengan kurang berolah raga ini. Mengapa baru diketahui sedemikian? Semuanya ini dikembalikan kepada pemahaman masing-masing orang atas pentingnya kesehatan. Ada yang merasakan pentingnya  usaha menjaga kesehatan ada juga yang sebaliknya.

Bagi yang sudah menjaga kesehatan dengan baik dan benar, seyogyanya merasa gembira atas hasil ikhtiar selama ini. Sebaliknya bagi yang kurang acuh terhadap kesehatan, jangan disalahkan ketika kita sakit bahkan sering yang terjadi sakitnya lebih parah dan lama penyembuhan. Sepertinya bila yang kurang beriman, kondisi ini akan menimbukan rasa frustasi mendalam. Bagaimana tidak, dari aktivitas yang padat dan sering melelahkan, harus menahan diri untuk tidak berlaku aktivitas harian normal.Dan ini tak ubah jauhnya seperti nasihat bijak yang mengatakan bahwa:” seseorang biasanya tidak punya waktu untuk sehat, tetapi selalu memiliki waktu untuk sakit”

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter